Sunday 12 January 2014

Mengatur Kolom dan Baris

Sell adalah perpotongan antara baris dan kolom. Data Excel diletakkan pada sell-sell. Ukuran standar suatu sell adalah lebar 8.43 (64 pixel) dan tinggi 15.00 (20 pixel). Pada praktiknya data yang kita input terkadang lebih besar dari ukuran standar sell. Bagaimana mengatur sell agar sesuai dengan lebar data?

a.   Mengatur Lebar Kolom
Untuk mengatur lebar kolom, pertama letakkan pointer di antara sell yang akan diperlebar. Maka kursor akan berubah menjadi tanda anak panah kemudian klik, tahan dan geser mouse ke arah kanan untuk melebarkan kolom.

b.  Mengatur Tinggi Baris
Untuk mengatur tinggi baris excel caranya sama dengan melebarkan kolom yaitu dengan meletakkan kursor di antara baris hingga berbentuk anak panah kemudian drop and drag ke bawah.

c.   Menggabungkan Baris atau Kolom
Ketika membuat data tabel kita ada kalanya kita menggabungkan beberapa sell menjadi satu seperti tabel di bawah ini. Perhatikan tabelnya

Sel No, Nama dan TTL adalah penggabungan dari dua baris sell sedangkan sell Jenis kelamin merupakan penggabungan dari dua kolom.

Untuk menggabungkan dua baris/kolom caranya yaitu seleksi baris/kolom yang akan digabungkan. Baris atau sell ini dapat lebih dari dua. Setelah sell terseleksi kemudian klik ikon Marge and Center yang terdapat pada ribbon Alignment menu Home.