Friday 24 May 2013

Tugas dalam regu

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam pasukan penggalang terdapat satuan besar yang disebut "pasukan" yang dipimpin seorang pramuka yang disebut " Pratama". Kemudian satuan kecilnya di sebut "regu" yang dipimpin oleh pemimpin regu dengan singkatan"pinru" dan dibantu dengan wakil pemimpin regu (wapinru).

Regu yang berjumlah 8 orang tersebut mempunyai pembagian tugas sendiri-sendiri dalam regunya masing-masing yang ketentuanya sudah dimusyawarahkan dalam musyawarah dewan penggalang.

Adapun susunan pembagian tugasnya adalah:
1.   Pemimpin regu (pinru),bertugas dan bertanggung jawab atas kemajuan dan kerukunan regunya.
2.   Wakil pemimpin regu (wapinru),bertugas membantu melaksanakan tugas pinru dalam ikut serta merukunkan,memajukan dan menjaga kebersamaan.
3.   Penulis (sekretaris),memegang dan mengerjakan administrasi regu,daftar anggota,daftar kegiatan,mencatat hasil rapat.
4.   Bendahara (keuangan),menyimpan uang regu,menarik iuran,dan mencatat keluar masuknya uang regu.
5.   Rumah tangga,bertugas mencarikan tempat bagi kegiatan regu dam mempersiapkanya, menjaga ketertiban, dan keamanan regu (kepala keamanan dalam berkemah)
6.   Perlengkapan,bertugas memelihara dan bertanggung jawab atas keutuhan,kebersihan,kelengkapan,peralatan regu.
7.   Kesenian, memimpin permainan regu,yang bertanggung jawab atas api unggun dan mempersiapkan peralatanya.
8.   Kurir,menjadi penghubung antara anggota regu atau penghubung kepada regu lain, dan juga bertindak sebagai juru bicara (bagian penerangan).
9.       Pembantu umum, yang membantu kerja teman-teman lainya bertindak sebagai pendamping.