Thursday 27 August 2020

Cara membuat buku atau buklet di Word

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk seperti cetakan buku kecil yang berisi pengertian. Tujuan akhir pembuatan booklet tersebut adalah agar masyarakat memahami pesan yang terkandung dalam media komunikasi tersebut. 

1.      Masuk ke menu Layout dan pilih ikon luncur dialog Pengaturan halaman di sudut kanan bawah. Maka akan tampil jendela Page Setup Pada tab Layout, ikon Penyetelan Halaman di bagian kanan bawah membuka jendela Layout.


2.      Pada tab Margin , Ubah pengaturan Multiple page menjadi Book fold. Orientation otomatis berubah menjadi Landscape.



Tips: Jika memiliki dokumen yang panjang, Anda dapat membaginya ke dalam beberapa buklet yang dapat dijilid menjadi satu buku. Di bawah Lembar per buklet, pilih jumlah halaman yang ingin dicetak per buklet.

3.      Pilih dan Tingkatkan nilai Gutter untuk mencadangkan ruang pada lipatan dalam untuk pengikatan.



4.      Masuk ke tab kertas dan pilih ukuran kertas. Ukuran akhir buklet adalah satu setengah lebar ukuran kertas. Pada tab Paper, pilih Ukuran kertas. Ukuran akhir buklet ini adalah salah satu setengah kali ukuran kertas. Pastikan printer Anda telah terisi kertas dengan ukuran yang tepat.


5.    Klik OK. Jika dokumen Anda sudah memiliki konten, teks tersebut diformat secara otomatis, tetapi Anda mungkin perlu menyesuaikan objek seperti gambar dan tabel secara manual.

 


0 komentar

Post a Comment